Lompat ke konten

Tips Membeli Lembaran Kuningan Berkualitas

  • oleh
Lembaran Kuningan

Faktanya kuningan merupakan perpaduan terbaik dari logam tembaga dan seng. Adapun konsentrasi tembaga didalamnya sekitar tembaga antara 60-90% massa. Sedangkan konsentrasi seng sekitar 10-40%. Lembaran kuningan merupakan salah satu bahan kuningan yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan industri.

Macam-macam Kuningan

Menurut Departemen Pekerjaan Umum (PU) Republik Indonesia, pada dasarnya dikenal 3 macam kuningan yakni:

  • Kawat kuningan (brass wire) yang mempunyai konsentrasi tembaga sekitar 62-95%,
  • Plat kuningan (brass sheet) yang mempunyai konsentrasi tembaga sekitar 60-90%,
  • Pipa kuningan (seamless brass tube) yang mempunyai konsentrasi tembaga sekitar 60-90%.

Selain kombinasi dari kadar tembaga dan seng, ternyata ada perpaduan lainnya dalam logam kuningan yakni timah kuningan. Dimana timah kuningan adalah campuran dari seng, tembaga, dan timah. Timah yang ditambahkan untuk mencegah kandungan seng dalam kuningan menghilang karena proses tertentu.

Baca juga : 5 Keunggulan Pipa Kuningan Wajib Diketahui

Keunggulan Lembaran Kuningan

Berikut ini keunggulan dari lembaran kuningan yang wajib diketahui sebelum membelinya.

1. Warna Logam

Walaupun secara umumnya logam kuningan menampilkan warna kuning cerah. Sesungguhnya ada juga logam kuningan dengan warna merah hingga kuning pekat. Hal tersebut dipengaruhi oleh kadar tembaga maupun seng yang terkandung didalamnya.

Dimana ketika kadar tembaga semakin tinggi maka kuningan cenderung berwarna cokelat kekuningan. Namun sebaliknya jika kadar seng lebih tinggi maka menampilkan warna putih-kekuningan, emas cerah, atau putih keabu-abuan.

2. Tingkat Keuletan

Kuningan dengan kandungan seng lebih dari 39% akan mempunyai tingkat keuletan yang rendah. Serta tingkat kekakuan dapat menjadi lebih tinggi daripada suhu kamar. Sehingga jenis kuningan tersebut lebih liat dan tidak mudah patah.

3. Tahan Terhadap Suhu Panas Ekstrem

Apabila dibandingkan dengan logam lainnya, jenis kuningan yang paling tahan terhadap lingkungan bersuhu panas. Namun perlu diperhatikan jika kuningan tersebut harus mengandung  kadar seng sekitar 32% hingga 39%. Justru sebaliknya logam jenis ini memiliki kemampuan terbatas pada lingkungan bersuhu dingin.

4. Bersifat Anti-bakteri

Kuningan memiliki kandungan logam tembaga disinyalir efektif membasmi berbagai macam  bakteri berbahaya. Seperti bakteri Echerichia coli, Staphylococcus aureus. serta Pseudomonas aureginosa. Sifat anti-bakterinya membuat kuningan dapat membasmi bakteri dalam hitungan jam. Sehingga tidak membahayakan kesehatan manusia saat digunakan.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa banyak kerajinan terbuat dari tembaga kuningan. Contohnya peralatan memasak, dekorasi kamar tidur, alat tulis kantor, dan alat kesehatan.

Tips Membeli Lembaran Kuningan Berkualitas

Beberapa orang masih kebingungan untuk menemukan lembaran kuningan yag berkualitas. Terutama jika lembaran kuningan tersebut digunakan untuk konstruksi bangunan. Bagi Anda yang masih pemula dapat menyimak tips membeli lembaran atau strip kuningan berikut ini.

1. Mengetahui Kegunaannya

Sebelum membeli lembaran logam kuningan sebaiknya mengetahui kegunaannya terlebih dahulu. Supaya Anda tidak akan salah menginstalasi lembaran tersebut setelah membelinya. Mengingat ada banyak ukuran dan model lembaran berbahan kuningan. Sehingga masing-masing ukuran mempunyai kegunaan berbeda-beda.

2. Distributor Terpercaya

Usahakan membeli lembaran kuningan dari distributor terpercaya seperti RR Sentosa Jaya Alum. Sehingga Anda tidak akan tertipu dengan kualitas dan harga. Apabila Anda ingin praktis maka dapat membelinya melalui e-Commerce maupun memesan langsung ke RR Sentosa Jaya Alum melalui whatsapp 081807396939.

3. Bertanya Kepada Pihak Berpengalaman

Apabila Anda masih awam dalam hal perlogaman maka dapat konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Disini Anda dapat menanyakan langsung ke nomor Whatsapp. Sehingga dapat dibantu memilih jenis kuningan yang paling pas untuk kebutuhan Anda.

INFO DAN PEMESANAN

WA: 0816-1764-71710 (chat only, no call)
Telp:
+62 21 278 76912

Jam Buka:
Senin-Jumat : 8.30-17.00
Sabtu : 8.30-15.00


Emailrrsentosajaya@yahoo.co.id

Website : www.rrsentosajaya.com

PENGIRIMAN
untuk pengiriman kami bekerja sama dengan TERAMARE, KOBRA, DAKOTA, JNE, dan TIKI.