Mengenal Logam Perunggu dan Manfaatnya

  • by
logam perunggu

Logam perunggu adalah paduan campuran campuran tembaga dan timah. Jumlah yang dicampur bervariasi, tetapi komposisi yang paling umum adalah sekitar 88% tembaga dan 12% timah. Perunggu dibentuk dengan melebur tembaga dan mencampurnya dengan timah. Timah, sebagai logam yang rapuh, mengubah tembaga menjadi bahan perunggu yang jauh lebih keras dan lebih keras.

Untuk Apa Saja Logam Perunggu Digunakan?

Perunggu adalah logam populer dengan penggunaan luas. Ini paling sering digunakan dalam bagian dan bahan bangunan, senjata, barang-barang dekoratif, patung, dan alat musik. Bagian perunggu biasanya dibentuk menggunakan mesin, mesin mengintip, dan mesin vespel, untuk membuat konektor listrik, pegas, bantalan, dan klip.

Ini biasanya digunakan dalam suku cadang dan bantalan pengiriman, karena ketahanannya terhadap korosi air laut menjadikannya bahan yang sangat cocok. Perunggu juga banyak digunakan dalam patung, karena kualitasnya yang diinginkan untuk menghasilkan nilai estetika yang tinggi. Dan kualitas ini berarti perunggu dapat mengisi detail terbaik dari cetakan.

Setelah dibentuk, perunggu itu keras dan tahan lama jika dirawat. Ketika perunggu digunakan untuk membuat lonceng dan simbal, itu menciptakan suara yang beresonansi. Berbagai teknik dan ketebalan digunakan untuk menciptakan nada dan nada. Kegunaan lain termasuk pembuatan senjata dan baju besi.

Namun, ini jarang digunakan saat ini. Di masa lalu, perunggu digunakan secara luas untuk pembuatan senjata dan baju besi. Sebelum munculnya perunggu ke dalam pembuatan senjata, pandai besi akan menggunakan batu atau kayu, yang jauh lebih berat dan tidak praktis daripada perunggu, sedangkan senjata perunggu lebih ringan dan lebih tajam. Armor perunggu lebih kuat dan lebih ringan dari kulit dan kayu yang diproduksi sebelumnya.

Kelebihan Perunggu

Perunggu tahan terhadap korosi, bahkan korosi air asin, dan merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Jika digunakan untuk pembuatan palu, palu, dan alat tahan lama lainnya, ia memiliki kualitas tidak menghasilkan percikan api, dan sangat berharga di atmosfer yang mudah meledak atau jika di sekitar uap yang mudah terbakar.

Kelemahan dari Logam Perunggu

Ini adalah bahan yang mahal untuk diproduksi dan bisa rapuh, terutama jika sudah tua. Ini rentan terhadap “penyakit perunggu” yaitu ketika klorida dan oksigen bergabung bersama dalam lingkungan lembab yang menyerang material. Bintik-bintik hijau kasar kecil terbentuk pada perunggu, menunjukkan logam perunggu memiliki penyakit dan jika tidak dirawat akan mengakibatkan korosi.

Terakhir, perlu dicatat bahwa perunggu juga terkenal dengan rona hijaunya, yang merupakan noda patina yang terbentuk untuk melindungi logam. Patina adalah lapisan senyawa kimia seperti sulfida, sulfat, oksida dan karbonat. Itu terbentuk di permukaan logam saat terkena elemen. Barang-barang perunggu yang terkena oksigen, hujan, dan karbon dioksida, mengambil patina ini jika tidak dibersihkan dan dibiarkan begitu saja. Banyak barang dan artefak perunggu kuno, dan patung luar ruangan, seperti Patung Liberty dan The Thinker karya Auguste Rodin memiliki warna hijau ini.

Jika Anda ingin mempertahankan warna coklat metalik dari perunggu, dan mencegah patinasi, perlu dipoles secara teratur. Metode alami seperti baking soda dan jus lemon baik untuk menjaga patina dari logam, dan pemolesan sesekali akan membuat logam tampak bersinar. Namun, jangan terlalu sering membersihkannya, karena dapat menumpulkan kilau logam, dan pastikan Anda menjaga perunggu tetap kering untuk mencegah pembentukan patina.

INFO DAN PEMESANAN

WA: 0816-1764-71710 (chat only, no call)
Telp:
+62 21 278 76912

Jam Buka:
Senin-Jumat : 8.30-17.00
Sabtu : 8.30-15.00


Emailrrsentosajaya@yahoo.co.id

Website : www.rrsentosajaya.com