Lompat ke konten

Menggunakan Busbar Plat Tembaga 3mm

  • oleh
plat tembaga 3mm

Busbar adalah bagian yang biasanya anda temukan pada sebuah komponen elektronik. Busbar berfungsi sebagai komponen utama yang ditemukan pada gardu listrik. Dimulai dari generator hingga trafo, busbar digunakan sebagai alat yang menghubungkan semua listrik ke satu lokasi pusat. Plat tembaga 3mm pun digunakan untuk menghasilkan tegangan yang tepat.

Sebenarnya, busbar juga bisa dibilang sebagai sebuah komponen yang tidak terlalu mahal. Busbar sendiri cukup sederhana dalam penggunaannya.Namun memainkan peran yang sangat penting.

Tanpa adanya busbar, maka beberapa bagian dari perangkat anda tidak akan terhubung dengan sempurna. Hari ini, kita akan menjelaskan lebih lanjut lagi apa itu busbar dan mengapa anda harus menggunakan plat tembaga 3mm. Karena ada banyak sekali plat tembaga lainnya selain plat tembaga 3mm yang bisa digunakan dalam busbar. Namun plat 3mm adalah solusi yang paling tepat bagi anda.

Mengapa Digunakan Plat Tembaga 3mm?

Sebelumnya, anda sudah dijelaskan apa saja kegunaan dan fungsi utama dari sebuah busbar. Dengan demikian busbar pun harus dirancang dengan baik supaya bisa menghantarkan listrik. Listrik yang dihantarkan berjumlah tegangan tinggi. Sehingga bagian dari logam yang digunakan akan menentukan daya tahan serta keamanannya. Plat tembaga sangat mudah untuk dibentuk dan dipotong. Setelah dibentuk, maka plat tembaga dapat dirapikan kembali sesuai dengan kebutuhan. Contohnya anda menggunakan plat tembaga 3mm ini sebagai komponen di dalam trafo atau generator.

Alasan Mengapa Busbar Penting

Busbar adalah alat yang memudahkan segala jenis pemasangan atau pun penambahan komponen lain. Saat anda ingin menambahkan perangkat baru, maka anda pun akan harus memperluas. Anda bisa memperluas rangkaian listrik ini dengan menggunakan kabel. Aatau anda juga bisa menggunakan kawat tembaga. Tetapi kawat tembaga harus terus ditambah dan merepotkan. Ini akan membutuhkan banyak sekali waktu serta uang untuk dilakukan.

Di sisi lainnya, anda bisa memudahkan segala proses pemasangan dengan menggunakan busbar. Busbar adalah plat tembaga 3mm yang cukup tebal. Dalam arti kata lain, busbar ini akan menjasi sebuah lapisan insulator. Busbar menyediakan insulasi supaya perangkat dan mesin bisa berfungsi tanpa ada panas. Jika ada panas, busbar tetap bisa menahan dan menangkal panas hingga sekian derajat celcius. Yaitu lebih tinggi dibandingkan dengan logam logam lain pada umumnya.

Cara Bekerja Busbar

Busbar bisa dengan mudah digantikan dengan logam lainnya. Namun anda membutuhkan plat tembaga 3mm karena plat ini mempunyai daya tahan arus yang besar. Arus listrik yang melewati kawat ini akan mencapai dalam angka puluhan. Sehingga anda membutuhkan busbar dengan plat tembaga yang tebal, panas, dan dapat menahan panas berlebih.

Busbar dibutuhkan dalam power listrik atau juga generator. Jika baru saja dipasang ke dalam mesin, anda mungkin harus mencari ketebalan yang tertentu. Untuk keamanan anda, maka kami merekomendasikan plat tembaga dengan ukuran diatas 3mm yang bisa mencapai hingga ketebalan yaitu 5mm dan bahkan lebih tebal.

Kesimpulan

Plat tembaga ini bisa dibeli dimana mana. Contoh dari tempat untuk membeli plat tembaga adalah dengan membelinya online. Busbar berkualitas sangat penting dalam menjamin keamanan anda. Tanpa adanya busbar berkualitas, maka listrik pun akan bergantung pada logam yang bisa dengan mudah berkarat atau terbakar.

INFO DAN PEMESANAN

WA: 0816-1764-71710 (chat only, no call)
Telp:
+62 21 278 76912

Jam Buka:
Senin-Jumat : 8.30-17.00
Sabtu : 8.30-15.00


Emailrrsentosajaya@yahoo.co.id

Website : www.rrsentosajaya.com