3 Cara Memanfaatkan Plat Tembaga Bekas

  • by
plat tembaga bekas

Plat tembaga bekas adalah logam coklat kemerahan yang ditemukan berlimpah di seluruh dunia, sedangkan tiga produsen teratas adalah Chili, Peru, dan Cina. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa tambang yang menghasilkan tembaga. Tembaga adalah logam umum yang tidak terlalu mahal, namun tidak terlalu murah juga. Dengan sifat logamnya, logam ini dapat digunakan berkali kali dan kemudian digunakan ulang apabila sudah berumur tua.

 Secara historis, tembaga adalah logam pertama yang dikerjakan oleh tangan manusia. Ketika kami menemukan bahwa itu bisa dikeraskan dengan timah untuk membuat perunggu sekitar 3000 SM, Zaman Perunggu diantar, mengubah arah umat manusia.

Untuk Apa Plat Tembaga Bekas Digunakan?

Plat tembaga bekas tidak harus dibuang. Anda justru bisa membeli plat tembaga dan mendaurnya ulang. Atau dalam arti kata lain, plat tembaga bekas ini bisa dilelehkan dan melalui proses casting kembali. Ini adalah proses dimana tembaga dimurnikan. Berikut adalah penggunaan dari tembaga bekas:

Listrik: 65%

Konstruksi: 25%

Transportasi: 7%

Lainnya: 3%

Seperti yang Anda lihat, cara paling umum kita menggunakan tembaga saat ini adalah dalam aplikasi listrik. Tetapi ada banyak kegunaan penting lainnya juga. Dan semuanya ini terdiri sebagian besar atas tembaga baru, dan ada juga tembaga bekas. Sehingga tidak ada tembaga yang terbuang secara sia sia.

Tembaga Untuk Alat Listrik

Tembaga digunakan di hampir semua kabel listrik. Kecuali untuk saluran listrik, yang dibuat dengan aluminium karena merupakan logam penghantar listrik kedua yang paling konduktif. Selain perak yang jauh lebih mahal. Selain tersedia secara luas dan murah, kabel ini dapat ditempa dan mudah direntangkan menjadi kabel yang sangat tipis, fleksibel namun kuat, sehingga ideal untuk digunakan dalam infrastruktur kelistrikan.

Itulah mengapa tembaga dikombinasikan. Logam ini bisa anda lelehkan yang terdiri atas plat tembaga bekas dan juga logam lainnya. Logam yang biasanya digunakan adalah seperti besi, zinc, tin, dan ada juga perunggu.

Selain kabel listrik, tembaga juga digunakan dalam elemen pemanas, motor, energi terbarukan, saluran internet, dan elektronik.

Plat Tembaga Bekas Untuk Konstruksi, Perpipaan, & Desain

Tembaga telah digunakan sebagai bahan konstruksi selama berabad-abad. Plat tembaga bekas pun dibentuk dan mengembangkan patina hijau indah yang khas. Besi jenis yang sangat diinginkan dalam gaya arsitektur tertentu, dan masih ada hingga hari ini.

Tembaga masih digunakan sampai sekarang dalam arsitektur karena ketahanannya terhadap korosi, kemudahan pengerjaan, dan daya tarik. Lembaran tembaga membuat bahan atap yang indah dan fitur eksterior lainnya pada bangunan.

Di interior, tembaga digunakan pada gagang pintu, trim, ventilasi, pagar, peralatan dapur dan peralatan masak, perlengkapan pencahayaan, dan banyak lagi.

Kegunaan Tembaga Dalam Kesehatan Manusia

Karena tembaga memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan patogen lainnya sangat bagus dibandingkan logam logam lain.

Tembaga telah menjadi standar untuk perpipaan air minum di negara maju. Sifat lain yang membuat tembaga ideal untuk sistem perpipaan termasuk kelenturan dan ketahanannya terhadap panas dan korosi. Ini biasanya digunakan dalam penyulingan, produksi farmasi, dan aplikasi khusus lainnya.

Plat tembaga bekas bisa dibersihkan kembali untuk memberikan kilauan yang baru. Ada proses seperti purifikasi, elektrolisis, dan lain lain. Itulah mengapa anda membutuhkan plat tembaga sekarang juga.

INFO DAN PEMESANAN

WA: 0816-1764-71710 (chat only, no call)
Telp:
+62 21 278 76912

Jam Buka:
Senin-Jumat : 8.30-17.00
Sabtu : 8.30-15.00


Emailrrsentosajaya@yahoo.co.id

Website : www.rrsentosajaya.com